iklan 300x250
iklan bawah menu ukuran 460x400

Es Pisang Ijo tetap lembut walau keesokan harinya

Sumber: google, Endang Indriani JTT (resep pembaca JTT, Devita Felim) 
Dulu pernah saya bikin es pisang ijo beda resep. Keesokan harinya pisang ijo nya keras. Pas mau bikin lagi cari2 resep baru, nah nemu laah resep ini dr JTT. Enaaak dan lembut bgttt padahal disimpan di dlm kulkas lo. Nemu resep ini Langsung deh ke pasar nyari pisang raja. Eh ga ada yg jual, jadiii sy beli pisang kepok aja, enak kok hehe.. Resep aslinya 15 porsi pisang raja yaa. Kalo saya 1 resep ini dpt 22 porsi pisang kepok 1 sisir sy habiskan😊 tapi kalo untuk vla nya ga bisa pake 1 resep ini yaah. Udah pasti kurang😂 makasih mba resepnya. Yuk bu ibu dicoba resepnya


Es Pisang Ijo


Bahan-bahan
15 porsi
bahan pewarna pisang ijo:
200 gr daun pandan,potong2
500 ml air

bahan piasang ijo:
15 buah pisang raja yang telah matang,kukus
200 gr tepung beras
200 gr tepung terigu
50 gr gula pasir
600 ml santan kental dari 1 butir kelapa
500 ml air daun pandan
3 tetes pasta pandan

bahan vla santan:
50 gr tepung beras
500 ml santan kental
100 gr gula pasir
1/2 sdt garam

pelangkap:
secukupnya pecahan es batu
sirup coco pandan atau sirup merah lainnya
susu kental manis

Langkah
  1. Cara membuat kulit pisang ijo: Siapkan daun pandan, potong-potong ukuran 2 cm dan cuci hingga bersih. Masukkan ke dalam blender, tambahkan air dan proses hingga halus. Saring sari pandan. Ambil 500 ml air daun pandan untukmewarnai adonan pisang ijo. Siapkan wadah, masukkan tepung beras, tepung terigu, santan dan air pandan, aduk rata hingga tidak licin dan tidak menggumpal. Jika ada gumpalan, saring adonan hingga halus. 
  2. Masukkan gula pasir, dan pasta pandan , aduk rata. Tuangkan adonan ke loyang tahan panas. Kukus selama 20 menit hingga adonan matang.  Angkat adonan dan uleni dengan sendok nasi hinggaadonan menjadi licin dan kalis. 
  3. Letakkan selembar plastic wrap di permukaan meja.Olesi permukaanya dengan minyak goreng, letakkan 3 sendok makan adonan kulit, tipiskan dan letakkansebuah pisang di atasnya. Bungkus pisang dengan adonan kulit hingga pisang tertutup, bentuk adonan menyerupai bentuk pisang.  Bagian membentuk ini agak susah dan membuat saya akhirnya menghasilkan pisang ijo berbentuk lontong.
  4. Siapkan selembar daun pisang, letakkan adonan yang telah dibentuk di atasnya. Lipat daun pisang dan bungkus si pisang ijo. Tata di kukusan. Lakukan hingga semua adonan habis. Kukus selama 15 menit. Keluarkan dari  kukusan dan biarkan hingga dingin.
  5. Membuat vla santan: Siapkan panci, masukkan semua bahan vla santan, aduk hingga halus dan larut. Masukkan daun pandan.Jerang vla di atas kompor dengan api kecil, aduk-aduk selama dimasak hingga adonan menjadi kental dan muncul letupan tanda vla telah mendidih dan matang.  Angkat dan dinginkan.
  6. Penyajian: Siapkan mangkuk, ambil sebuah pisang ijo. Potong-potong dengan ketebalan sesuai keinginan. Tata di pisang ijo di mangkuk, siram dengan vla santan.Tambahkan es batu dan kucuri dengan sirup vanila merah dan susu kental manis. Es pisang ijo siap disantap. Yummy! Jika pisang ijo tidak habis saat itu juga, simpan di chiller kulkas untuk disantap keesokan harinya. Pisang ijo masih tetap empuk dan lembut. 

Sources:  Resep keluarga Devita Felim   Just Try & Taste - Es Pisang Ijo

sumber: Eciadmiral07

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Es Pisang Ijo tetap lembut walau keesokan harinya"

Post a Comment

Let's see