iklan 300x250
iklan bawah menu ukuran 460x400

Resep Cara Membuat Kue Pia Basah Enak

Kue Pia Basah ini bisa Anda simpan dalam waktu yang cukup lama asalkan dengan cara penyimpanan yang benar. Cara menyimpan kue pia agar tidak cepat berjamur adalah dengan menyimpannya dalam stoples kemudian ditutup rapat. Simpanlah pia dalam suhu ruangan, hindari untuk menyimpan di tempat yang terlalu lembab ataupun terlalu panas karena bisa merusak kualitas dari kue pia yang Anda simpan. Jika ingin disimpan di dalam lemari es, sebaiknya bungkus dalam plastik terlebih dahulu baru disimpan di dalam lemari es.

Kue pia ini juga bisa diganti isiannya dengan isian lainnya yang lebih Anda sukai, misalnya saja keju. Rasa kue pia original dengan kacang hijau dan pia keju tentu saja berbeda. Untuk membuat kue pia isi keju bahan yang digunakan sama dengan bahan pia original isi kacang hijau, hanya saja bahan isian yang digunakan berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut bahan isian untuk membuat kue pia isi keju yaitu keju cheedar, tepung terigu, dan unsalted butter. Untuk takarannya disesuaikan dengan jumlah kue pia yang akan dibuat.


cheapest car insurance, cheap auto insurance, cheap auto insurance, CREDIT CARD,TIRTO.ID, CHEAP CAR INSURANCE, CAR INSURANCE, HAIR beautiful, hosting, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit BNI, FBS, kartu kredit mega, kartu kredit CIMB.

Bahan / Bumbu :
Bahan Kulit
500 gram tepung terigu segitiga
75 gram mentega/margarin
1 bks ragi instant
250 ml air putih hangat
1 sdt garam asin
100 gram gula pasir

Bahan isi
250 gram kacang hijau
125 gram gula pasir
½ sdt vanilla bubuk
3 sdm minyak goreng untuk menggoreng
½ sdt garam asin

Cara Memasak :
  1. Pertama, pembuatan Isi : rebus kacang hijau sampai empuk, angkat dan tiriskan kacang hijau, lalu di haluskan. Sesudah itu, masak bersama minyak, kemudian masukkan gula pasir manis, garam asin dan vanilla, dan diaduk hingga kacang hijau nampak kering. Angkat dan dinginkan.
  2. Pembuatan kulit : campur tepung, bersama dengan ragi dan gula pasir, kemudian masukkanlah air putih hangat, lalu uleni sampai adonannya menjadi rata. Lalu, tambahkan margarin dan garam asin, kemudian uleni lagi hingga menadi kalis dan elastis. Lalu bulatkan adonan dan diamkan selama kurang lebih 45 menit.
  3. Selanjutnya, kempiskan adonan kacang hijau dan masing – masing sebanyak 30 gram, kemudian adonan dibulatkan dan didiamkan lagi selama kira - kira 30 menit. Setelah itu, kempiskan adonan dan isi dengan bahan isi kacang hijau. Lalu dibulatkan kembali dan biarkan kira - kira selama 15 menit sebelum adonan di oven pada suhu derajat 200′C selama lebih kurang 10 menit.
  4. Keluarkan kue pia dari oven panggangan, kemudian balik dan masukkan kedalam oven panggangan lagi, panggang selama lebih kurang 5 menit. Lalu angkat, dinginkan sebentar dan selanjutnya kue pia basah siap untuk disajikan.


Sedangkan cara membuat isiannya adalah, parutlah keju yang sudah disiapkan kemudian campurkan dengan tepung terigu dan unsalted butter sampai merata. Aduk terus sampai adonan tercampur merata. Anda bisa menambahkan sedikit garam dan gula jika rasa isian dirasa masih kurang. Perbandingan keju dan tepung haruslah seimbang, Anda bisa menggunakan perbandingan 1:2, 1 untuk takaran kejunya dan 2 untuk takaran tepung terigunya. Tepung terigu yang digunakan juga harus yang berkualitas bagus agar hasil isiannya juga enak.

Salah satu kendala ketika membuat kue pia ini adalah dalam pembuatan adonan kuenya. Terkadang adonan tidak mau mengembang dengan sempurna. Untuk menghindari hal ini, Anda harus menggunakan ragi dengan takaran yang tepat. Selain itu, waktu pendiamannya juga harus diperhatikan. Adonan harus didiamkan dua kali, yaitu 45 menit kemudian dikempiskan dan kembangkan kembali selama 15 menit. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengembangkan adonan kue ini di lemari es dengan cara membungkus adonan dengan rapat menggunakan plastik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cara Membuat Kue Pia Basah Enak"

Post a Comment

Let's see