iklan 300x250
iklan bawah menu ukuran 460x400

Resep Apen Kuah ala Situbondo || Apem Maknyuss

Apen mirip Apem...beda di N dan M hehehe, mirip Serabi tapi gak pake parutan kelapa di adonannya. Sedikit rasa gurih dan aroma tape dari kue ini di siram kuah gula merah aroma kayu manis, daun pandan dan jahe. Biasanya juga kue ini di jual bareng dg lupis di beri parutan kelapa di kucuri dg gula aren kental...legit. Ada 2 pilihan pake kuah atau kucuran gula kental...sama legitnya. Kuliner khas Situbondo ini biasanya di jual malam hari, yg jual sdh smkin jarang....oh iya kue ini juga ada di Sumenep (Madura) dulunya Situbondo banyak kedatangan orang2 dr pulau Madura jadi kulinernya banyak kemiripan dengan Sumenep Madura.

Cheapest car insurance, cheap auto insurance, cheap auto insurance, CREDIT CARD, TIRTO.ID, CHEAP CAR INSURANCE, CAR INSURANCE, HAIR beautiful, hosting, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit BNI, forex, SAHAM, FBS, kartu kredit mega, kartu kredit CIMB
Apen Kuah ala Situbondo || Apem
Bahan-bahan
3 porsi
150 gr Tepung beras
50 gr Tepung Terigu
300 cc santan dr 1/4 btr kelapa (65 ml santan instan)
75 gr Tape singkong yg lembek, haluskan (me: gak pake)
1 sdt Fermipan
1 sdt backing powder
1/2 sdt garam
❤ Bahan kuah ::
125 gr gula Aren, sisir
3 btg kecil kayu manis
4 cm jahe, memarkan
2 lbr daun pandan
❤ Bahan tambahan ::
pasta pandan/air pandan suji

Langkah
20 menit
Siapkan semua bahan2, seharusnya pake tape tapi krn tadi di pasar stock tape lagi habis dan keinginan bikin kue ini smk kuat...halah...lebay. Akhirnya saya gak pake..😉

Taruh di wadah, tape, fermipan dan tepung2an masukkan sedikit demi sedikit santan sambil terus di aduk agar tdk bergerindil. Sbnrnya warna asli kue ini putih tapi tadi saya beri pasta pandan (sesuai selera saja) biar berwarna. Bagi 2 adonan putih dan satunya hijau...aduk rata dan diamkan slm 1-1,5 jam dg di tutup.
Sambil nyiap2in cetakan dll..Masukkan backing powder (Bp) pd masing2 adonan...aduk rata dan diamkan 5-10 menit. Bp di resep utk 2 adonan ya...
Oles cetakan dg sedikit minyak (saya pake cetakan kue cubit) dg di alasi seng (saya pake tutup kaleng biskuit) biar tdk cepat gosong. Atau pake cetakan khusus apem, serabi yg dr tanah liat. Bisa jg di wajan cekung atau wajan teflon.

Nyalakan api sampe cetakan panas, tuang adonan biarkan sampe muncul gelembung2 kemudian kecilkan api dan tutup cetakan. Setelah permukaan kue tidak lengket di tangan tandanya sdh matang, ambil dg bantuan sutil/sendok...lakukan sampe semua adonan habis.

❤ Buat kuah Gula aren :: Iris2 gula aren, rebus gula aren, kayu manis, jahe, pandan dgn 400 cc air sampe wangi dan mendidih...matikan api.

Hidangkan Apen dg kuah gula arennya...👌

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Apen Kuah ala Situbondo || Apem Maknyuss"

Post a Comment

Let's see