iklan 300x250
iklan bawah menu ukuran 460x400

Ayam Goreng Keriting Ala KFC

Ayam Goreng Keriting



Nah..nahh...nahh.. ini dia si ayam goreng yang selalu nongol di meja makan. Hampir tiap minggu 2 kali pasti anak-anak request ayam goreng tepung. Mumpung ibunya udah bisa bikin..oke-oke aja sih..!! Suka ngangenin kata mereka. Saya pake resepnya Xanderkitchen. Ternyata saya juga punya resep ayam goreng ini, udah lama banget di buku resep saya persis sama. Tapi gak pernah saya coba, baru liat postingannya Xanderkitchen tertarik deh saya nyobain. Mesti ada yang memotivasi.. Ternyata gampang dan berhasil. Biasanya pas celupin tepung yang pertama kan tepungnya masih kering...kritingnya gak terlalu bagus, setelah dicelupin yang kedua atau ketiga baru bagusan hasilnya. Makanya saya coba sebelum celupin di tepung kering saya celupin dulu di adonan basah. Hasilnya jadi lebih keriting.

Bahan-bahan
1 kg ayam paha atau dada
6 siung bawang putih
1/2 sdt merica
2 sdt garam
1 butir telur
5 sendok sayur tepung terigu
1 sendok sayur tepung maizena
1/2 gelas air atau lebih
1 sdt baking powder
Minyak untuk menggoreng ayam

Langkah
Potong- potong ayam agak besar sesuai selera. Haluskan bawang putih lalu balurkan pada ayam bersama merica dan garam. Diamkan seharian di kulkas minimal 5 jam biar bumbunya meresap sampai ke tulang.

Keluarkan ayam dari kulkas tambahkan telur aduk rata.

Adonan kering : Campur tepung terigu dan maizena Adonan basah : Ambil satu sendok sayur campuran tepung tadi tambahkan air setengah gelas atau lebih sampai menjadi adonan yang agak encer lalu tambahkan baking powder dan 1/4 sdt garam. Aduk rata.

Sambil panaskan minyak agak banyak untuk menggoreng. Saya pake panci biar agak irit minyak.

Masukkan potongan ayam ke dalam tepung basah lalu balurkan ke dalam adonan kering cubit-cubit dan hentakkan agar terbentuk tepung yang bersalur-salur.

Setelah minyak panas masukkan ayam lalu kecilkan api ampe kecil banget biar ayamnya matang ampe ke tulang. Wangi gurihnya tercium kemana-mana. Saya gorengnya lama bisa ditinggal masak yang laen.

Pake api kecil banget hasilnya tepungnya renyah dan dagingnya juicy lembut..


Ini hasil ayam goreng yang gak pake adonan basah. Sama keritingnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ayam Goreng Keriting Ala KFC "

Post a Comment

Let's see